Mengenal teknologi VANET

vanet

Pernah membayangkan kendaraan-kendaraan di jalan raya bisa berkomunikasi satu sama lain? Bayangkan jika pengendara bisa diberi peringatan ketika ada potensi kecelakaan oleh kendaraan yang sedang ia kendarai karena adanya komunikasi ini. Teknologi komunikasi ini biasa dikenal dengan VANET.

Apa itu VANET?

VANET (Vehicular Ad Hoc Network) merupakan bagian dari MANET (Mobile Ad Hoc Network). VANET menggunakan jaringan wireless berbasis Ad Hoc yang diterapkan pada kendaraan bergerak. VANET menjadi salah satu area riset yang berkembang di beberapa tahun terakhir guna mendukung ITS (Intelligent Transportation System). Tujuan utama VANET adalah membantu kendaraan-kendaraan untuk dapat saling berkomunikasi dan memelihara jaringan komunikasi diantara mereka tanpa menggunakan central base station atau controller.

VANET bertanggung jawab untuk komunikasi antar kendaraan bergerak pada suatu lingkungan tertentu. Kendaraan dapat berkomunikasi dengan kendaraan lain yang disebut dengan V2V (Vehicle to Vehicle) communication atau kendaraan juga dapat berkomunikasi dengan infrastruktur seperti RSU (Road Side Unit) yang disebut dengan V2I (Vehicle to Infrastructure) communication atau V2R (Vehicle to Roadside) communication.

 

Karakteristik VANET

Meskipun merupakan bagian dari MANET, VANET memiliki karakteristik sendiri yang membedakannya dari jaringan Ad Hoc lainnya seperti MANET. Karakteristik tersebut antara lain,

1. High mobility of nodes

2. Rapidly changing network topology

3. Real time, time-sensitive data exchange

4. Unbounded network size

5. Crucial effect of security and privacy

 

Mengapa vanet?

Banyak sekali orang terluka atau bahkan terjadi kematian di jalan raya diakibatkan oleh kecelakaan kendaraan. Berikut beberapa data yang disajikan pada Annual Global Road Crash Statistics:

– Hampir 1.3 juta orang meninggal karena kecelakaan jalan raya tiap tahun, dengan rata-rata 3.287 kematian per hari.

– Dengan tambahan 20-50 juta korban terluka.

– Kecelakaan jalan raya berada di urutan ke-9 penyebab kematian dari 2,2% kematian di dunia.

– Jika tidak ada “action” yang dilakukan, kecelakaan jalan raya diprediksi berada di urutan ke-5 penyebab kematian pada tahun 2030.

Berdasarkan data tersebut, teknologi VANET menjadi salah satu teknologi yang penting untuk dapat meningkatkan keamanan dalam berkendara. Dengan teknologi VANET kendaraan dapat saling berkomunikasi, sehingga jika ada potensi kecelakaan yang bisa terjadi, pengendara akan diberi peringatan agar bisa menghindari kecelakaan tersebut, dengan begitu pencegahan kecelakaan jalan raya dapat dilakukan.

 

Bersama dengan manfaat VANET, terdapat beberapa tantangan yang menjadi area riset, diantaranya Quality of Service (QoS), Efficient Routing Algorithm Design, Scalability and Robustness, Co-operative Communication, dan Network Security.

 

Penulis : N O

Editor   : R R

Referensi :

  • http://asirt.org/initiatives/informing-road-users/road-safety-facts/road-crash-statistics
  • https://www.researchgate.net/publication/258248007_Vehicular_Ad-Hoc_Networks_VANETs_An_Overview_and_Challenges
  • https://www.youtube.com/watch?v=i2nGSUx9r_s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *